top of page
  • Beniko

Kataage, Lipatan pada Lengan Kimono Anak


Dari kimono anak yang lucu-lucu pernahkah kalian meyadari lipatan pada lengannya?

Dikarena anak cepat sekali bertumbuh, dalam budaya kimono, kimono anak sengaja dibuat lebih besar dari ukuran anak. pada kimono akan selalu ada lipatan dibagian lengan (Kataage) yang berguna ketika anak bertumbuh, jahitan pada lipatan bisa dibuka dan kimono pun masih bisa dikenakan oleh sang anak. Selain itu ada juga lipatan pada bagian pinggang kimono (Koshiage) dan juga lipatan pada bagian bahu kimono (Sodeage) yang berguna sama sepeti Kataage.

Orang pada jaman dulu biasanya membuka lipatan pada kimono anak sedikit sedikit seiring bertumbuhnya sang anak. Sehingga pada akhirnya kimono tidak lagi memiliki lipatan.

Kalau diperhatikan, pada kimono yang dikenakan oleh Maiko pun memiliki lipatan Kataage dan Sodeage. Hal ini dilakukan sebagai pengingat bahwa Maiko pada zaman dulu adalah anak-anak berusia 9-12 tahun.

Tidak hanya sebagai salah satu bentuk penghematan, Kataage ini juga memiliki makna "anak yang bertumbuh" alias terkesan masih muda dan masih belajar sehingga sangat cocok dikenakan oleh Maiko yang suatu saat akan menjadi Geiko dalam dunia Geisha.

閲覧数:5回0件のコメント

最新記事

すべて表示
bottom of page