• Akane Kibune

Oshukubai, pohon plum dan burung bulbul


Tidak berapa lama ini saya pergi mengunjungi Rinkoin dengan menggenakan Kimono dari Yumeyakata.

Rinkoin adalah sebuah kuil Zen yang sunyi dan memiliki sejarah yang sangat dalam dengan klan Shimazu, penguasa daerah Satsuma. Di dalam kuil ini terdapat sebuah taman yang memiliki sebuah pohon plum yang diberi nama "Oshukuban" yang artinya sebuah pohon plum tempat burung Bulbul tinggal. Hal ini tentu saja ada sejarahnya.

Pada zaman Heian, sebuah pohon plum indah milik kaisar di istana mati. Kaisar memerintahkan pengawalnya untuk mencari pohon plum yang indah sebagai pengganti pohon plum yang mati. Pohon plum yang indah dan cocok untuk ditanam di taman istana ini ditemukan di salah satu rumah penyair terkenal bernama Kino Tsurayuki. Pohon plum inipun akhirnya dipindahkan ke taman Istana. Suatu hari, kaisar menemukan sebuah Tanzaku (kertas segitiga) berisikan Tanka (puisi Jepang) sedih tergantung pada pohon plum tersebut.

Tanka tersebut ternyata ditulis oleh anak perempuan penyair Kino Tsurayuki yang mengekspresikan perasaan sukanya terhadap pohon plum tersebut dan salam perpisahan untuk pohon tersebut. Puisi Jepang itu jika diterjemahkan berisi : "Aku tidak dapat menolah perintah kaisar, akan tetapi harus aku jawab apa pertanyaan para burung bulbul ketika mereka kembali dan tidak dapat menemukan rumahnya?". Membanya puisi ini, kaisar menyadari betapa egoisnya beliau dan mengembalikan pohon plum tersbut kepada Kino Tsurayuki.

Cerita mengenai pohon plum ini pun terus disampaikan sampai saat ini. Saya sangat suka mendengarkan cerita mengenai pohon plum indah bernama Oshukubai.

URL

http://www.shokoku-ji.jp/s_about.html​

Akses:

5 menit beralan dari stasiun Imadegawa dengan subway Karasuma line

#bungaplum #tanaman #tentangjepang #tentangkyoto #kansai #sejarahkyoto #kyoto #temple #jepang #travel #budayajepang #budaya #tradisional #kuil

27回の閲覧0件のコメント

最新記事

すべて表示