top of page
  • Beniko

Maiko Business Trip


Setelah beberapa tahun saya menjadi Maiko (舞妓), saya mendapat banyak kesempatan untuk melakukan dinas ke beberapa tempat seperti Tokyo, Sendai, Kyushu, bahkan dinas ke luar negri.

Sebagai seorang Maiko, dinas itu rasanya seperti pindah rumah. Kita harus membawa banyak sekali barang dimuali dari bermacam-macam kimono, Hakomakura (箱枕, bantal tidur khusus untuk menjaga tatanan rambut Maiko), Okobo (sepatu khusus untuk Maiko), dan masih banyak lagi. Belum lagi setiap barang ini berukuran besar!

Ngomong-ngomong soal barang bawaan, Shamisen (三味線 gitar tradisional Jepang) dan alat intrumen lainnya ini sering menjadi masalah. Alat musik ini terbagi dari tiga bagian dan disimpan dalam kotak kusus. Terkadang benda ini suka terlihat seperti senapan ketika di scan melalui sinar X ketika di bandara.

Terlebih pada saat itu tidak banyak Maiko yang sudah bisa fasih berbahasa inggris. Cukup sulit bagi kami ketika harus menjelaskan barang bawaan yang dicurigai ini. Pada akhirnya kita memakai gerak-isyarat terlihat aneh. Bahkan kalau terpaksa untuk menjelaskan dalam bahasa Inggris, logat kami terdengar sangat aneh.

Masalah juga terjadi ketika kami harus memesan makanan. Salah satu rekan Maiko saya terpaksa harus makan jus jeruk dan roti lapis selama 3 hari karena cuman nama makanan itu saja yang bisa ia sebutkan.

Kasur juga menjadi salah satu musuh kami setiap pergi dinas keluar negri. Kasur di beberapa negara ini sangat tinggi sehingga kami kesulitan untuk naik. Kami berupaya sekuat tenaga untuk naik tapi dampaknya malah tatanan rambut kami jadi berantakan. Waktu mandi juga kami tidak tahu cara memakai showernya sehingga kepala kami malah ikut juga tersiram.

Ada juga kisah menarik ketika kami ingin membeli oleh-oleh. Pada saat itu saya ingin membeli seragam pramugari Singapore airlines untuk teman saya. Ternyata dia sama sekali tidak menyukainya. Saya jadi teringat pengalaman pahit ini setiap melihat seragam ini di lemari baju saya.

Mengenang masa-masa ini memang agak konyol tapi saya menikmati setiap momen tersebut.

Beniko

閲覧数:10回0件のコメント

最新記事

すべて表示

Measures and Changes due to Covid-19

In order to prevent the spread of COVID-19 infection, we take the following measures in consideration of the health and safety of our customers and staff. Measures taken by the shops and staff Alcohol

bottom of page