• Beniko

Terminologi Kimono


Bagi wisatawan asing, aturan dan istilah-istilah dari Kimono merupakan hal yang sulit. Dalam Kimono, terdapat istilah seperti Miyatsu Guchi (bagian yang sedikit terbuka pada lengan guna mempercantik kimono), Hakkake (layer dalam), atau Okumi-sen (lipatan pada bagian dalam Kimono).


Akan tetapi istilah-istilah di atas tidak perlu Anda pelajari kecuali Anda ingin menjadi pembuat Kimono atau ahli Kimono. Istilah yang sebaiknya diketahui oleh wisatawan asing mengenai Kimono adalah 1) Ohasyori 2) Tare dari Taiko


Ohasyori adalah sebuah layer Kimono yang sengaja dilipat agar terlihat pada bagian bawah Obi.


Pada zaman dulu, wanita Jepang biasa mengenakan Kimono panjang yang melebihi lantai. Akan tetapi dengan semakin berkembangnnya Kimono di Jepang, Kimono yang panjang pun dilipat untuk memudahkan dalam berjalan dan semakin nyaman dipakai. Oleh karena itu muncullah istilah Ohasyori.


Tare merupakan istilah untuk Obi yang sedikit tergantung saat pemakaian Taiko Obi yang kemudian diselipkan kebawah Taiko Obi. Staff di Yumeyakata biasanya akan mengingatkan Anda untuk menarik Ohasyori dan Tare dari Obi ketika selesai menggunakan toilet agar bentuk dari Kimono tidak rusak.


Tare hanya ada pada Taiko Obi. Akan tetapi untuk Anda yang menggunakan Obi pita pun ada baiknya bila selalu mencek bentuk pita dari Obi agar tidak merusak penampilan cantik Anda :)



#Jepang #tradisional #jalanjalan #sewakimono #japan #yumeyakata #tentangkimono #kimono

閲覧数:11回0件のコメント

最新記事

すべて表示