top of page
  • Beniko

Warna yang didedikasikan untuk Kaisar


Pada pertengahan November tahun 2013, saa mengunjungi tempat seorang senior pembuat kain yang di Saga, Kyoto. Saya pergi kesana karena mendengar berita menarik mengenai “Koh ro zen”. Ini adalah kain yang hanya dapat dipakai oleh Kaisar Jepang untuk acara seremoni dan warna pada kain ini diaplikasikan dengan teknik seni yang khusus.

Warna kain yang saya lihat ini bewarna kuning kecoklatan. Ketika pertama kali melihat kain ini saya tidak merasa begitu terkesan. Tetapi, saya benar-benar terkejut ketika kain ini diterangi oleh cahaya dari belakang. Warna kain yang kuning kecoklatan ini berubah menjadi merah!

Rasanya begitu ajaib! Warna ini berubah berdasarkan sudut pencahayaan yang mendandakan bahwa tehnik mewarnai kain ini begitu kompleks. Pada setiap pewarnaan kain pun hasil warna merahnya tidak selalu sama.

Kain bewarna merah ini melambangkan matahari yang merupakan simbol dari negara Jepang. Hanya sang Kaisar lah yang boleh memakai warna ini.

Walaupun hanya Kaisar yang dapat boleh memakai pakaian dari kain warna merah ini, kita para manusia biasa masih bisa memakai produk dari “Koh ro zen” sebagai syal, dasi, atau tas. Saya juga merasa senang karena salah satu warna favorit saya yaitu “Su-oh”, digunakan juga sebagai bahan dasar pembuatan “Koh ro zen”.

Warna “Koh ro zen” ini sangat indah dan mampu bersaing dengan keindahan warna taun maple yang membara kemerahan.

閲覧数:41回0件のコメント

最新記事

すべて表示
bottom of page